REVIEW UP-TO-DATE

Review Dracoola

Layanan supportnya baik. Speed nya cepat. Sayang, uptime nya masih tergolong buruk.

Uptime
Speed (TTFB)
Rating Support
99,82%
217 ms
4,5/5

3,8/5

Rating Kami

Oleh

/ Hosting Reviewer

Terakhir Update:

Pengungkapan: Support Anda membantu website ini terus berjalan. Saya menggunakan link affiliasi, dimana saya akan menerima one-time comission dari pembelian hosting Anda tanpa ada biaya tambahan dibebankan kepada Anda. Baca lebih lengkap…

Tidak seperti kebanyakan provider hosting lainnya yang menggunakan nama identik dengan web hosting, provider yang satu ini justru menggunakan nama Dracoola.

Anda tidak salah baca, Dracoola adalah sebuah brand dari provider web hosting di Indonesia yang telah berdiri sejak tanggal 19 April 2003.

Biasanya, ketika Anda mengunjungi situs provider hosting pertama kalinya, Anda mungkin akan melihat klaim-klaim yang keabsahannya perlu dipertanyakan, seperti “server kami sangat cepat”, “kami memberikan jaminan uptime 99,99%” atau “support kami terbaik di Indonesia”.

Sebenarnya tidak ada yang salah karena proporsi nilai seperti itu dapat membantu pelanggan non teknis untuk dapat memahami apa yang akan mereka dapatkan ketika mendaftar.

Tapi tidak di Dracoola.

Anda akan melihat sebuah situs dengan nuansa horror ala “Dracoola”, ucapan selamat datang tanpa embel-embel klaim seperti yang saya sebutkan diatas.

Tidak ada yang mereka janjikan disini, kecuali penawaran harga domain dan tarif web hosting dengan harga yang rasional plus kualitas dan layanan terbaik.

Dan harus saya akui, ini menarik. 

Kemudian untuk mengetahui tentang apa yang Dracoola lakukan, saya membeli paket “DUSK-ID” pada akhir Agustus 2019.

Selama 25 bulan terakhir, saya telah meninjau kinerja server mereka termasuk uptime dan page load time serta mengumpulkannya dalam review Dracoola ini.

Alternatif Terbaik
Rekomendasi Hosting Terbaik Kami
Review Domainesia

DomaiNesia↗

Seimbang antara harga yang terjangkau dengan performa yang cukup baik

Pilihan yang seimbang untuk Anda yang membutuhkan shared hosting dengan performa yang cukup baik, fitur yang banyak, support yang baik dan bisa diandalkan, namun dengan harga yang terjangkau.

Baca Review..

Jasa Maintenance Website

HarunStudio.com↗

Biarkan kami yang mengelola website WordPress Anda sehingga Anda bisa fokus pada bisnis Anda.

Anda seperti memperkerjakan karyawan in-house yang memang ditugaskan untuk mengelola website Anda. Bedanya adalah layanan kami lebih luas dari itu dan dengan biaya yang jauh lebih murah.

Pelajari Selengkapnya..

Rangkuman Data Hasil Penelitian

RATING KAMI3,8/5
SAMPLE:Paket Hosting 'Dusk-id' (shared cloud hosting - lokasi server Indonesia)
WEBSITE TEST:www.penasihathosting-dc.com
UPTIME SCORE:99,82% (1 Oktober 2021 - 31 Maret 2022)
SPEED (TTFB):217 ms (April 2022)
LOAD IMPACT 10 VU:207 ms (September 2021)
SUPPORT RATING:Rating: 4,5/5 (Tersedia via live chat dan ticket)
HARGA: Mulai dari Rp 16.667/bulan (renewal: Rp 16.667/bulan)
GARANSI:14 hari dengan ketentuan-ketentuan tertentu

Kelebihan Menggunakan Dracoola Multimedia

Dengan pengalaman lebih dari 15 tahun, harusnya Dracoola bisa bertengger di papan atas web hosting terbaik Indonesia.

Support yang sangat baik adalah kelebihan utamanya.

Masalah terbesar mereka adalah tidak bisa menjaga servernya tetap stabil (uptime yang buruk) yang akan saya bahas dalam poin kekurangan nantinya.

1. Support yang Cepat dan Efisien (Rating: 4,5/5)

Info yang saya dengar dari beberapa pengguna, saya lupa entah di forum Kaskus atau Diskusi Web Hosting, bahwa support Dracoola sangat baik.

Untuk memastikan kebenarannya, saya melakukan pengetesan terhadap support Dracoola.

Saya melakukan tiga kali pengujian. Pertama melalui live chat, kedua dan ketiga melalui tiket.

Update per Mei 2022:

Terakhir kali pengujian layanan support Dracoola dilakukan adalah bulan September 2021 lalu. Kami akan melakukan pengujian ulang kemungkinan bulan November 2022 mendatang. Jadi, review ini mungkin tidak up-to-date dengan kondisi terkini, karena boleh jadi ada penurunan atau peningkatan layanan yang dilakukan sejak bulan September 2021 lalu.

2. Hosting dengan Speed yang Cepat

Untuk mengetahui seberapa cepat server Dracoola yang saya gunakan, maka saya melakukan pengujian menggunakan metrik TTFB atau time to first byte.

Jika Anda belum tahu, TTFB ini punya kaitan langsung dengan server, sehingga tinggi atau rendahnya nilai TTFB sangat dipengaruhi oleh performa server itu sendiri.

Dalam pengujian, saya tidak mengimplementasikan caching dan CDN, sehingga nilai TTFB murni tidak dipengaruhi oleh faktor ‘X’. 

Dan alat yang saya gunakan adalah GTMetrix Pro dengan lokasi server di Singapore. Pengujian dilakukan mulai dari tanggal 4 April hingga 12 April 2022.

Dari pengujian, didapat hasil TTFB Dracoola sebagai berikut:

ProviderRata-rataTerendahTertinggi
Dracoola (Apr. 2022 test)217 ms67 ms4825 ms
Dracoola (Sept. 2021 test)455 ms174 ms8596 ms
21 Provider Lainnya (Apr. 2022 test)426 ms38 ms20591 ms

Rata-ratanya adalah 217 ms, dan termasuk kategori cepat.

Dibandingkan pengujian sebelumnya, nilai TTFB Dracoola meningkat sebesar 238 ms atau 52%. Peningkatan yang sangat signifikan, bukan?

Apa yang Dracoola lakukan antara rentang waktu September 2021 hingga April 2022? Menarik untuk dicari tahu. Saya mungkin akan menanyakannya untuk memastikan apakah benar Dracoola melakukan perbaikan untuk meningkatkan kecepatan response servernya.

Ngomong-ngomong, dibandingkan 21 provider lainnya, kecepatan Dracoola adalah yang tercepat ke #3. Hanya kalah dari Dewabiz dan ArdHosting.

3. Berhasil Menyelesaikan Test Load Impact Tanpa Error dan Dengan Rata-rata Waktu Response yang Rendah

Pengujian load impact terakhir dilakukan pada bulan September 2021, itu artinya data yang kami publikasikan saat ini sudah tidak begitu update dan boleh jadi berbeda dengan kondisi saat ini.

Load Impact adalah faktor baru yang saya masukkan dalam update kali ini.

Tujuan di adakan test Load Impact adalah untuk mengetahui bagaimana response server hosting dari setiap provider ketika menerima traffic yang ramai.

Idealnya, kecepatan website harus sama cepatnya baik ketika pengunjung pertama datang maupun ketika pengunjung ke-25 atau mungkin ke-50 datang.

Sebagai informasi, pada hosting tipe shared, jumlah 10-25 pengunjung yang datang secara bersamaan itu sudah banyak atau sudah sangat bisa menciptakan overload pada server (kecuali Anda mengimplementasikan caching pada website/server Anda, maka 10 VU ini mestinya tidak akan menjadi masalah).

Untuk itu, dalam pengujian Load Impact kali ini, saya mencoba mengirimkan 10 virtual user (pengunjung) ke server Dracoola.

Hasil nya bisa Anda lihat pada grafik dibawah ini:

Berikut hasil testnya:

JUMLAH VIRTUAL USERERRORREQUEST HANDLED
(Higher is Better)
AVG. RESP. TIMES (Lower is Better)
10 VU03893207ms

Cara membaca grafik:

  • Garis biru menunjukan waktu response server (semakin rendah maka semakin bagus)
  • Garis abu-abu menunjukan jumlah virtual user
  • Dan garis ungu menunjukan jumlah request per second (semakin besar maka semakin bagus)

Dalam pengujian paket shared hosting murah, saya menetapkan jumlah virtual usernya hanya 10 VU. Mungkin kelihatannya sedikit, tapi faktanya 10 VU saja sudah sangat bisa membuat server overload. 

Dari 22 provider dalam pengujian kali ini, 8 provider diantaranya mengalami overload (berdasarkan hasil test dengan alat Load Impact K6).

Artinya, 10 virtual user saja sudah bisa menciptakan ‘kegaduhan’ dalam server.

Nah, dalam pengujian server Dracoola, saya menemukan bahwa server mereka termasuk yang paling stabil. Rata-rata nya sangat rendah, yaitu hanya 207ms atau 0,2 detik dan cukup stabil selama pengujian yang berlangsung selama 10 menit.

Hasil pengujian load impact Dracoola ini adalah yang terbaik ke #3 dari 22 provider. 

4. Hosting yang Apa Adanya, Transparan.

Dracoola adalah hosting yang tidak neko-neko.

Tidak ada biaya tersembunyi, harga hosting yang ditawarkan pun adil dan flat, bahkan jika Anda memutuskan untuk berlangganan secara bulanan pun harganya masih sama, artinya tidak ada permainan harga.

Yang paling mengejutkan adalah harga hosting Dracoola sejak 30 Juli 2008 bahkan nyaris tidak ada perubahan sama sekali.

Saya sudah mengeceknya langsung di situs Wayback Machine.

Sudah 10 tahun berlalu, harga hostingnya masih segitu-segitu saja.Apakah harga hosting mereka tidak terpengaruh dengan tingkat inflasi yang terus meningkat sekitar 3% setiap tahunnya? Pertanyaan yang menarik.

Terakhir, tidak ada trik yang memaksa Anda untuk berlangganan paket termahal untuk mendapatkan fitur premium. 

Meskipun dalam semua paket hostingnya Dracoola masih membatasi pemakaian sumber daya, seperti storage dan bandwidth per bulannya.

Tentu, pada paket termurahnya “DAWN” ada keterbatasan sumber daya, tapi jika Anda perhatikan, Anda akan mendapatkan unlimited:

  • Unmetered bandwidth
  • Sub domains
  • FTP Accounts
  • POP3 Email Accounts
  • Daily and weekly backup

Yang paling mengejutkan saya adalah Dracoola sama sekali tidak terpengaruh dengan kenaikan harga license cPanel yang sempat menghebohkan industri web hosting bulan Juni-Juli 2019 lalu.

Sebagian provider ada yang lebih memilih untuk mengganti control panel dari cPanel ke DirectAdmin atau Plesk. Ada yang menghapus paket yang harga nya dibawah 10.000/bulan, ada juga yang konsumen di haruskan membayar sejumlah harga untuk tetap menggunakan cPanel, bahkan ada yang menaikkan harga hosting nya.

Tapi Dracoola? Harga nya belum bergoyang barang satu cent pun.

5. Mendapatkan Testimonial yang Sangat Positif dari Pengunjung Penasihat Hosting

Saya jarang meng-capture testimonial dari pengunjung Penasihat Hosting yang kemudian saya jadikan sebuah kelebihan, tetapi testimonial yang ditulis oleh beberapa klien Dracoola sangat menyentuh.

Misalnya yang ini:

Tidak heran support Dracoola masih yang terbaik diantara semua.

6. Gratis Migrasi Hosting

Dracoola Multimedia, seperti halnya sebagian besar web hosting di Indonesia juga menawarkan gratis migrasi hosting.

Maksudnya, jika Anda sudah memiliki hosting ditempat lain dan berencana pindah ke Dracoola, maka Dracoola akan membantu memindahkan file website Anda secara gratis ke server mereka.

Jika Anda sudah memiliki file full backupnya yang diunduh dari cPanel, mereka bahkan dapat memindahkan file website Anda hanya dalam waktu 1 jam saja!

2 jempol buat Dracoola.

Kekurangan Menggunakan Dracoola Multimedia

Pertama, saya pikir ini mungkin bukanlah sebuah kekurangan yang perlu dimasukkan dalam daftar, tapi sejak Juli 2008 hingga review Dracoola ini saya publikasikan ( 15 tahun kemudian), design website mereka tidak ada perubahan sama sekali.

Jika melihat tren web design saat ini, design website Dracoola ini sangat jauh ketinggalan. Saya kira perlu ada perubahan yang lebih ‘horor’ lagi.

Tapi, mari kita kembali pada kualitas server dan layanan dari Dracoola Multimedia.

Setidaknya ada 3 kekurangan dalam catatan saya.

1. Rata-rata Uptime yang Buruk (99,82%)

Sudah 31 bulan sejak saya melakukan monitoring terhadap server Dracoola (Indonesia) untuk menemukan jawaban terhadap kestabilan server mereka.

Saya menetapkan standar uptime yang stabil adalah 99,90%, tetapi sayangnya DraCoola belum mencapai level tersebut.

Begini detail catatan rata-rata uptime Dracoola dari bulan Agustus 2019.

BULANRATA-RATA UPTIMEDURASI DOWNTIMEJUMLAH DOWNTIME
Agustus 201999,82%1 jam19x
September 201999,70%2 Jam24x
Oktober 201999,56%3 Jam26x
November 201999,73%2 Jam30x
Desember 201999,82%1 Jam18x
Januari 202099,93%30 Menit10x
Februari 202099,89%44 Menit16x
Maret 202099,88%8 Menit4x
April 202099,92%34 menit18x
Mei 202099,16%6 Jam47x
Juni 202099,75%2 Jam33x
Juli 202099,73%2 Jam29x
Agustus 202099,85%1 Jam16x
September 202099,97%13 Menit4x
Oktober 202096,80%24 Jam23x
November 202099,87%1 Jam18x
Desember 202099,70%2 Jam37x
Januari 202199,61%3 Jam40x
Februari 202199,87%1 Jam17x
Maret 202199,97%15 Menit8x
April 202199,97%43 Menit22x
Mei 202199,56%3 Jam7x
Juni 202199,83%1 Jam25x
Juli 202199,90%1 Jam12x
Agustus 202199,59%3 Jam120x
September 2021---
Oktober 202199,90%43 Menit24x
November 202199,70%2 Jam78x
Desember 202199,57%3 Jam119x
Januari 202299,84%1 Jam44x
Februari 202299,93%28 Menit13x
Maret 202299,99%4 Menit3x

Secara keseluruhan buruk, meskipun pada bulan Desember 2020 lalu saya mendapatkan email pemberitahuan dari Dracoola bahwa mereka akan memindahkan semua website klien ke lingkungan cloud. 

Setelah itu, dari Desember 2020 hingga Maret 2022 memang terlihat ada peningkatan, tapi overall masih belum bisa diandalkan.

Jika dilihat data rata-rata uptime dalam 6 bulan terakhir saja, score nya hanya 99,82%.

Tantangan dalam monitoring uptime:

Kami menemukan beberapa kali terjadi gangguan pada koneksi international di beberapa web hosts, seperti Dewabiz dan Dapur Hosting. Ini mungkin juga terjadi pada server Dracoola. Gangguan koneksi international ini membuat alat monitoring kami, Pingdom (yang menggunakan server international), akan menganggap bahwa server sedang mengalami down, padahal website bisa diakses secara normal di Indonesia. Hal ini membuat hasil data monitoring tidak 100% akurat. Kami memohon maaf atas keterbatasan ini.

2. Garansi Hanya Berlaku Selama 14 Hari

11 dari 22 provider hosting Indonesia yang saya review memberikan garansi hosting selama minimal 30 hari, sayangnya di Dracoola Anda hanya akan mendapatkan garansi dalam 14 hari saja.

Apakah ada ketentuan untuk mengklaim garansi di Dracoola? Saya tidak menemukannya, tapi saya yakin mereka masih akan menanyakan alasan pembatalan dan (mungkin) akan mencoba terlebih dahulu untuk menyelesaikan permasalahan Anda terlebih dahulu.;

3. Paket “DAWN” Memiliki Keterbatasan Sumber Daya

Biaya hosting pada paket “DAWN” adalah Rp 10.000/bulannya, Anda akan mendapatkan sumber daya yang terbatas, seperti storage hanya 300 MB dengan bandwidth 50 GB, 1 addon domain atau total 2 domains dalam account hosting Anda.

Tetapi, jika Anda hanya ingin membangun blog personal, saya kira keterbatasan ini tidak akan terlalu bermasalah buat Anda.

4. Tidak Ada Opsi Pilihan Ekstensi PHP di cPanel (Mesti Request ke Admin)

Saya tidak tahu apa alasan Dracoola menyembunyikan fitur ekstensi PHP, tetapi dari semua provider (dengan cPanel) yang saya review, hanya Dracoola yang tidak menyediakannya.

Anda mungkin bisa meminta untuk mengaktifkan ekstensi PHP tertentu, seperti opcache, brotli, dan lain-lain, hanya saja menjadi tidak praktis ketika Anda seharusnya bisa menghemat waktu dengan mengaktifkan sendiri ekstensi yang Anda butuhkan, alih-alih membuat tiket dan meminta untuk diaktifkan dari sisi admin.

5. Tersedia Fitur Backup Harian dan Mingguan Untuk Semua Paket, Akan Tetapi…

Di kebanyakan web hosting, fitur backup harian hanya tersedia jika Anda memilih paket bisnis atau minimal paket yang lebih tinggi, tetapi di Dracoola Anda akan mendapatkan keistimewaan ini bahkan jika Anda berlangganan paket termurah sekalipun.

Disuatu saat pada tengah malam hingga pukul 05:00 pagi, daily routine backup server Dracoola Multimedia akan bekerja membackup website Anda secara keseluruhan tanpa terkecuali.

Selain itu, setiap minggunya mereka juga akan melakukan backup mingguan sehingga Anda akan selalu memiliki 2 jenis backup.

Akan tetapi, fitur backup ini memiliki keterbatasan yang perlu Anda ketahui, dimana backup harian yang dimaksud hanya tersedia per hari itu saja, artinya backup hari kemarin sudah di tumpuk/ di tindih dengan backup hari ini, begitupun backup 2 hari yang lalu sampai 6 hari yang lalu.

Misalnya backup hari ini tanggal 23 April, backup mingguan tanggal 19 April dan 12 April.

Dan berbeda dengan provider lainnya yang sudah menggunakan fitur JetBackup dimana pengguna bisa memilih data backup yang sudah tersimpan, kemudian melakukan restore tanpa perlu mendownload terlebih dahulu dan melakukan restore secara manual, di Dracoola data backup harus di download secara manual dan restore pun harus dilakukan manual.

Rangkuman Paket Hosting Dracoola Multimedia dan Informasi Penting Lainnya yang Perlu Anda Ketahui:

Rangkuman penawaran paket hosting di Dracoola Multimedia:

Dracoola menyediakan layanan hosting dengan server Indonesia dan USA.

Setiap lokasi server terdapat 4 pilihan paket hosting dengan jumlah sumber daya yang sama, namun harganya berbeda dimana harga hosting server Indonesia agak lebih mahal.

  • Paket DAWN-id: Harga mulai Rp 12.500/bulan. Jumlah storage 300 MB dengan bandwidth 30 GB. Anda bisa membuat 2 website didalamnya dengan unlimited sub domains, email accounts dan FTP accounts.
  • Paket DUSK-id: Harga mulai Rp 25.000/bulan. Jumlah storage 750 MB dengan unmetered bandwidth. Total domain yang bisa ditampung sebanyak 5 domain.
  • Paket NIGHT-id: Harga mulai Rp 50.000/bulan. Jumlah storage 1500 MB dan unmetered bandwidth. Total domain yang bisa ditampung sebanyak 11 domain.
  • Paket MIDNIGHT-id: Harga mulai Rp 100.000/bulan. Jumlah storage 3000 MB dan unmetered bandwidth. Total domain yang bisa ditampung sebanyak 26 domain.

Informasi Penting Lainnya yang Perlu Anda Ketahui:

  • Pilihan server: USA dan Indonesia
  • Aktifasi acount: Hosting akan aktif dalam 3 menit hingga 1 jam setelah Anda melakukan konfirmasi pembayaran
  • Control Panel yang digunakan: cPanel Control Panel
  • Gratis domain: tidak ada
  • Instalasi aplikasi (WordPress, Joomla, Drupal, dll): Dapat di instal dengan sangat mudah menggunakan tool Softaculous di cPanel.

Apakah Saya Merekomendasikan Dracoola Multimedia Kepada Anda?

Dracoola Multimedia bukanlah pemain baru dalam industri web hosting tanah air. Mereka sudah berusia 19 tahun di 2022 ini.

Kualitas layanan support mereka masih terjaga baik selama ini dan harga hosting yang mereka tawarkan pun adil serta tidak ada permain harga mereka lakukan untuk memaksa konsumen membeli paket yang mahal untuk mendapatkan fitur premium.

Dracoola Multimedia adalah hosting yang adil dan transparan.

Hasil pengujian saya menyimpulkan bahwa Dracoola termasuk hosting dengan support yang sangat baik (4,5/5), dan ditunjang dengan speed server yang responsive (TTFB: 217ms), hanya saja, rata-rata uptime nya buruk (99,82%).

Dan sejujurnya, sangat sulit merekomendasikan hosting dengan uptime yang buruk.

Kunjungi www.DraCoola.com (referral link – jika Anda masih tertarik).

Tinggalkan Komentar

12 Komentar

  1. Sejak pertamakali saya ngeblog ketika saya masih jadi mahasiswa baru tahun 2012; dari yang nggak tahu apa-apa soal domain dll, sampai sekarang saya udah jadi Mama-mama muda (hehe), sampe saya udah jadi online writer dan influence blogger, saya udah pake Dracoola dan belum pernah terpikir untuk pindah kemana-mana. Karena apa? Saya seorang perfeksionis tentang komponen-komponen website, jadi ketika (semisal) saya ada masalah, saya nggak mau permasalahan saya nggak segera terselesaikan, apalagi sampai berlarut-larut nggak selesai-selesai cuman nungguin response yang lelet. Apalagi, ketika denger kata-kata dari CS : “baik, akan segera kami check” tapi nggak ada penyelesaian.

    Tapi kalo di Dracoola tidak ada seperti itu!!
    Permasalahan saya langsung terselesaikan hanya dalam hitungan menit. Bahkan yang rumit pun (dengan dituntun mereka), permasalahan saya langsung selesai hanya dalam hitungan jam saja!! Padahal saya cewek dan nggak ngerti apa-apa soal domain, hosting, dan istilah-istilah perkomputeran. Tapi sekarang sih udah paham :).

    Reply
  2. Pasti ini pilih server ID yang colo di Ardhosting, coba mas Willya pindah paketnya yang lokasi servernya di Phoenix NAP, harga bulanannya lebih murah dan saya jamin uptimenya gak kalah sama Jetorbit.

    Reply
  3. Mungkin tidak selama dengan suhu suhu lainya saya pakai dracoola dari 2017.
    Tahun tersebut pertama kali saya punya website self host, dan beruntung menggunakan dracoola yang supportnya emang cepet dan problem solving banget.

    Reply
  4. Sebenarnya sangat susah mencari review tentang web hosting Dracoola. Akhirnya saya menemukan tulisan ini. Terima kasih PenasihatHosting.

    Sekedar share, saya sudah menggunakan Dracoola sejak mulai ngeblog dari tahun 2008 dan sampai sekarang – 2020. Walaupun akun saya sekarang sudah ganti, tetapi mas Ronny I masih tetap ada di dalam ingatan, termasuk belahandadar dan pemujasedan yang senantiasa membalas chat walaupun ada masalah apapun.

    Sampai saat ini saya masih merekomendasikan untuk pemilihan service US, berhubung server lokal masih kurang sehat untuk saat ini, bukan hanya di Dracoola tetapi di web hosting lainjuga sama menurut saya. Mungkin masalah infrastruktur dan bullshit dari sales yang ngacu cepat, handal, dan reliable. Itulah sebabnya kenapa hasil server lokal Dracoola bermasalah, saya juga sempat menggunakan server lokal, tetapi akhirnya pindah ke server US dan sejauh ini berjalan normal.

    Satu hal yang penting, menggunakan Dracoola seperti jual-beli dengan teman. Tidak ada kata formal, dan semua masalah terselesaikan melaui Chat, kalau masalah berat biasanya mereka rekomendasikan untuk membuka ticket dan itu pun penyelesaiannya juga sama cepatnya dengan chat.

    Sejauh ini saya masih puas menggunaan Dracoola.

    Salam,

    Reply
  5. pernah pakai jasa dracoola karena terpengaruh dari kaskus. saya akui selama pakai jasa dracoola selama dua tahun, supportnya paling bagus dan cukup via chat aja untuk urusan teknis dilayani

    Reply
  6. Akhir desember ini masa sewa server hosting saya di Dracoola sudah mau habis, rencana pindah, tapi saya sudah merasa nyaman di dracoola, terutama supportnya yang luar biasa, selain di dracoola sy jg punya server di rumah web, supportnya jauh lah dibanding dracoola, sepertinya saya masih krasan di dracoola untuk jasa servernya, walupun ditempat lain sudah bermain promosi yg murah, banting harga dll,
    tahun lalu pas saya umroh pas belum bisa bayar karena masih di madinah saya minta termin pembayaran plus ikut program diskon awal tahun, mereka dengan senang hati membantu dan memberikan diskon padahal diskonnya untuk pengguna baru, ah sepertinya saya banyak berhutang budi pada dracoola, terimakasih dracoola.

    Reply
    • Masya Allah. Luar biasa Dracoola. Dari dulu sampai sekarang, support nya masih terjaga baik. Rata-rata testimonial disini semuany positif.

      Reply
  7. Sejak mulai membangun website-website untuk diri sendiri dan klien sekitar tahun 2012, inilah penyedia hosting terbaik di Indonesia dalam hal layanan (dan harga yang sangat bersaing).

    Sejak CS-CS penyedia hosting lain cuma aktif di jam kerja normal, para makhluk halus dracoola sudah siap 24/7 untuk selalu melayani segala kebutuhan saya dan klien. Mulai dari hal remeh masalah instalasi, pengetahuan tentang cPanel, backup/restore, hingga masalah pembersihan web yang kena hack. Dan itu semua GRATIS!

    Memang ada sedikit delay support pada jam sahur. But it’s okay. Makhluk halus juga perlu bubuk cantik!

    Top support service inilah yang membuat saya menjadi katak dalam tempurung. Sampai tidak sempat menyicipi penyedia-penyedia hosting lain yang tumbuh-mati di Indonesia. Sudah kadung jatuh hati dan merasa berhutang budi (sangat banyak terbantu oleh support-nya Dracoola). Dan para klien lawas Dracoola pasti menyadari bahwa Dracoola secara rutin melakukan penggantian CPU server-nya, sehingga kita merasa aman atas data yang kita titipkan.

    Belasan (mungkin puluhan) website pernah saya buat di sini, tidak pernah ada permasalahan berarti dari sisi hosting.

    Memang ada beberapa kekurangan sumber daya atau teknologi dibandingkan para pesaing barunya sekarang, sehingga penyedia hosting yang satu ini seakan tertinggal beberapa langkah. Tetapi bagi saya, Dracoola is my lovely HEROSAURS – jadul, tetapi pahlawan tetaplah pahlawan.

    Saya beberapa kali merekomendasikan Dracoola bagi para pembuat website pemula. Karena mereka akan memiliki backup team support hosting terbaik di negeri ini. Dan itu adalah sebuah pertimbangan utama bagi mereka yang baru terjun di pembuatan website.

    NB: Still, I have a dream that Dracoola could fight in the same level with its new competitors.

    Terus maju, Kisanak!

    Reply
  8. Yap, benar sekali, untuk urusan support, saya rasa Dracoola adalah yang terbaik. Pernah saya menggunakan layanan di penyedia lain, lalu terjadi masalah, sudah mengirim tiket namun responnya lama, chat ke live chat responnya juga lama. Hal itu membuat saya berfikir untuk pindah hosting, secara tidak sengaja ketemu dracoola di DWH, lalu saya cek, curhat tentang masalah saya, dan… Tak disangka-sangka, responnya bagus, pihak Dracoola sampai memberi tahu saya bahwa (waktu itu kalau tidak salah dns acak-acakan mungkin karena server down, karena pihak penyedia tidak memberikan kejelasan). Padahal waktu itu saya belum menjadi pelanggan di Dracoola. Menurut saya, strategi seperti ini lebih bagus dan nyata ketimbang mengeclaim memiliki support terbaik dan lain-lain di halaman depan. Hehe 😀 Dan karena supportnya yang lebih bagus dari manusia pada umumnya, sekarang saya menjadi penguna layanan Dracoola 😀

    Btw, kalau masalah desain webnya saya anggap unik karena berani tampil beda 😀

    Reply
  9. Menurut saya salah satu point penting yang sering terlupakan ketika mengulas suatu produk hosting adalah parameter kecepatan DNS (Domain Name System) masing-masing hoster.

    Selama ini ulasan terfokus pada parameter uptime atau Page Load Time saja padahal kecepatan pembaca DNS cukup berpengaruh terhadap pencarian query domain yang tersimpan di nameserver hosting.

    Sebagai contoh, tentu akan ada perbedaan kecepatan DNS antara NS1 dan NS2 Domainesia.net dengan, katakanlah, NS1, NS2 dan NS3 Deweweb.com.

    Dari sana akan terlihat hosting mana yang memiliki kecepatan pembacaan dari query DNS walaupun memang secara kasat mata, pengunjung tidak akan merasa perbedaannya karena semuanya berjalan dalam milisecond.

    Dengan adanya data real dan valid terhadap hasil dan komperasi DNS maka calon konsumen yang peka terhadap kualitas dapat mengetahui hosting mana yang bisa total dalam mengurusi paket all-in hosting. Soalnya sekarang semua hal bisa dilakukan dari sisi hosting, mulai dari zonasi DNS, Mail Exchange, DNS Hosting, CDN dan lain-lain.

    Memang sih, kalau mau mendapatkan hasil DNS yang memuaskan kita harus berlangganan layanan Premium DNS Hosting yang cukup banyak di pasaran sana dan webhosting sesuai namanya hanya untuk menyimpan konten web tapi tentu tidak ada salahnya mencoba memasukkan DNS sebagai paramater untuk ulasan-ulasan selanjutnya.

    Salam.

    Reply
    • Iya, memang betul ada perbedaan kecepatan DNS antara satu provider dengan provider lainnya, tapi perbedaannya kecil sekali dan hampir tidak terasa (kurang dari 100ms), karena itu mungkin tidak ada situs review hosting yang menambahkan metrik ini sebagai acuan.

      Tapi sebenarnya, di dalam menentukan total page load itime tu sudah penambahan dari DNS Time + Connection Time + First Byte Time + Start Render = Document Complete / Total Page load Time.

      Dan karena kita memang bisa menggunakan DNS premium seperti DNSMadeEasy, CloudNS, Cloudflare, dll maka saya pikir ini sifatnya opsional saja.

      Reply